By TwitterIcon.com


JEJAK PERBATASAN

Tarakan Kota BAIS


Tarakan Kota BAIS adalah artikel Dalam postingan kali ini. saya akan mencoba membahas sedikit tentang kota Tarakan Kota BAIS, awalnya sih tidak ada niatan saya untuk membuat postingan ini, namun beberapa teman mengajak saya untuk membuat postingan tentang kota tarakan sebagai kota BAIS, alasan mereka sih ingin mencoba untuk mengaplikasikan ilmu SEO yang selama ini mereka pelajari, ya... mungkin untuk persiapan mengikuti kontes SEO kali.

Tarakan kota BAIS (Bersih, Aman, Indah, dan Sejahtera) sebuah julukan bagi kota paguntaka, di utara kalimantan Timur, sebuah kota dengan segudang obsesi untuk terus mengembangkan potensi daerahnya. Tidak ada yang salah dari julukan itu, malahan saya sendiri menilai hal itu sebagai niatan baik dari orang-orang yang punya ide tentang pembangunan, baik infrastrukture maupun kesejahteraan masyarakatnya. saya sendiri kurang tahu pasti kapan kata BAIS dicetuskaan sebagai moto kota tarakan.

1. Bersih

Pertanyaan pertama saya yang muncul dari kata tersebut adalah, apakah Tarakan sudah bersih? mari kita lihat sejenak, sudah dua tahun ini Tarakan memperoleh gelar adipura sebagai kota paling bersih, sebuah penghargaan tingkat nasional yang bagi saya sendiri sangat mengagumkan, namun kemudian saya bertanya kembali kriteria apa saja yang dinilai untuk menilai suatu kota layak mendapatkan piala adipura. aturan keberisihan di kota Tarakan memang cukup ketat, bayangkan saja, semua warga di Tarakan hanya boleh membuang sampah pada jam-jam yang sudah ditentukan oleh Pemda kalau tidak ikut aturan akan di kenakan sanksi, sebuah aturan yang layak ditiru oleh kebanyakan kota-kota besar yang masih bingung menjaga kebersihan kotanya. selain itu Program Green and Clean yang sudah dicanangkan Pemda setempat pada setiap RT ataupun kelurahan yang ada di kota tersebut, telah memberikan kontribusi yang cukup besar dalam mewujudkan kebersihan kota Tarakan. Namun Tarakan juga harus berbenah diri di beberapa kawasan padat penduduk dan tempat wisata, yakni salah satunya adalah wilayah pesisir kota, seperti Beringin dan pantai Amal sebagai salah satu potensi wisata daerah.



Terlihat Bersih di setiap sudut kota

2. Aman

Tarakan Kota BAIS adalah salah satu kota teraman yang pernah saya tinggali. mungkin keamanan yang di peroleh karena mayoritas penduduk kota Tarakan mampu, selain itu, pemerintah juga masih dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakatnya, apalagi aturan yang ketat berlaku bagi para pendatang ke kota tersebut, sehingga mampu menekan laju pertambahan penduduk, dan secara otomatis halitu telah menekan tingkat kriminalitas, karena ketika sebuah kota memiliki penduduk yang banyak namun tidak disertai dengan lapangan pekerjaan yang cukup, maka hal tersebut akan sangat riskan bagi kualitas keamanan masyarakat. satu hal lagi yang tidak dapat kita pungkiri perannya dalam memberikan keamanan bagi kota Tarakan, yakni, letak geografis kota yang merupakan pulau kecil tanpa ada akses darat yang bisa keluar masuk. namun keamanan Tarakan masih perlu ditingkatkan di wilayah perairan, karena masih banyak kita denga perampokan di sungai maupun tambak.

3. Indah

Kalau berbicara keindahan, tentunya pikiran kita langsung terarah ketempat0tempat pariwisata, seperti gunung, pantai, air tenjun, ataupun pemandangan alam. tapi dalam nal ini Tarakan masih dalam pembenahan dan mencari potensi keindahan daerahnya. saya menilai saat ini Tarakan masih lebih baik daripada 6 tahun yang lalu ketika pertama saya datang ke kota Tersebut, pada saat itu tempat pariwisata masih belumterawat dengan baik, namun perlahan tapi pasti dalam beberapa tahun terlihat pemerintah serius mengelola tempat-tempat pariwisata baik hutan lindung maupun wisata pantai.



Terlihat indah, dipesisir pantai amal tarakan

4. Sejahtera.

kesejahteraan jelas sangat erat hubungannya dengan lapangan kerja dan pendidikan bagi masyarakat. sejauh ini, masyarakat kota Tarakan masih bernapas lega karena lapangan pekerjaan yang tersedia masih cukup banyak, bahkan dalam bidang pemerintahan, peluang kerja masih terbuka lebar, bahkan hal itu mendapat perhatian dari penduduk di luar kota Tarakan. terbukti dengan terus meningkatnya pendatang dengan tingkat pendidikan min-S1, hal ini menunjukan bahwa kualitas lapangan pekerjaan masih sangat baik. sedangkan untuk bidang pendidikan, Pemda setempat sedang gencar melakukan pembangunan kualitas pendidikan baik Infrastrukture sekolah maupun kualitas SDM yakni pengajar, walaupun belum merata dengan baik, namun kita patut berbangga karena kita melihat gedung sekolah masih jauh lebih baik daripada gedung DPRD maupun gedung Pemerintahan, hal itu menunjukan bahwa komitment Pemerintah kota Tarakan dalam Mewujudkan Tarakan kota BAIS. Kesejahteraan kota Tarakan juga tidak lepas dari besarnya PAD (pendapatan asli daerah) kota tersebut dengan banyaknya perusahaan eksport baik hasil laut maupun pertambangan.



SMP N 1 Tarakan, sekolah Rintisan SBI
Bukti Komitment Pemerintah Tarakan

Tebal

Terlihat Proses pengeboran di dekat bandara Juata Tarakan


Tarakan Kota BAIS , bukan lagi dipandang sebagai sebuah slogan semata, tetapi telah menjadi sebuah icon dari kota Tarakan. Tarakan kota BAIS juga mencadi harapan bagi masyarakat asli maupun pendatang, yang bermaksud mencari kehidupan yang lebih baik.

sebagai warga yang baik tentunya kita harus mendukung, pembangunan yang dilakukan pemerintah. dukungan tersebut bisa dilakukan dalam berbagai hal, salah satunya adalah seperti yang kami lakukan di Kampus ABATA TARAKAN, berlomba posting tentang kota Tarakan, walaupun perannya kecil, namun tanpa disadari, hal itu telah menjadi promosi untuk kota Tarakan. Bagaimanapun, Mahasiswa adalah generasi intelek yang sudah selayaknya ikut dalam pembangunan daerah.



Bola Lover
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • TwitThis

0 Comments:

Posting Komentar

 
Kontes SEO indositehost.com