By TwitterIcon.com


JEJAK PERBATASAN

Belajar SEO dengan keyword Tarakan kota BAIS


Beberapa hari yang lalu beberapa teman dari ABATA (Akademi Bahasa Asing Tarakan) mengajak saya untuk mencoba kompetisi tentang SEO atau Search Engine Optimation yang lagi banyak dipelajari oleh para blogger newbi seperti saya. Sebuah tantangan yang cukup menarik buat saya, karena selain untuk belajar mengenai SEO hal ini juga saya pandang sebagai bentuk kontribusi terhadap kota Tarakan.

Adapun tema/ keyword tulisan yang kami jadikan ajang kompetisi ini adalah Tarakan kota BAIS, sebuah pemaparan tentang moto kota Tarakan yang sedang gencar untuk melakukan pembangunan dalam berbagai bidang, baik pendidikan, pariwisata, maupun keamanan bagi warganya. Saya sendiri sebetulnya kurang paham tentang kata BAIS itu sendiri, yang saya tahu hanya sekedar kepanjangan dari kata BAIS yang berarti Bersih, Aman, Indah, dan Sejahtera.
Saya pun akhirnya menerima permintaan teman tersebut, untuk berkompetisi dalam rangka mencoba mengaplikasikan sedikit dari ilmu SEO yang saya coba pelajari dari hasil Browsing lewat om Google. Kompetisi ini sendiri tidak bersifat resmi alias coba-coba, ya…. Sekalian belajar SEO sambil ikut serta dalam promosi kota Tarakan, mengingat sudah 6 Tahun terakhir ini saya sudah menjadi warga Tarakan.

Saya cukup bangga ketika saya mengetik keyword yang kami sepakati sebagai tema dari kompetisi yang kami buat, hasilnya 3 teman saya berada pada posisi sepuluh besar dari hasil pencarian om Google. Senang rasanya menyaksikan blog teman-teman kumpul berada pada posisi top 10 om Google. Sebuah prestasi tersendiri mungkin, mengingat kebiasaan kami yang lebih banyak menghabiskan waktu bermain kartu atau hanya sekedar main Ninja saga untuk menepis kebosanan.

Saya sendiri sampai hari ini belum tahu seperti apa nasib tulisannya saya, jangankan berada di posisi 10 besar om google, di 20 atau 40 besar saja tidak nampak batang URL nya. Namun hal itu tidak menjadikan saya patah semangat, tetapi mencoba untuk terus belajar dan mencari. Ya…. Walaupun tidak sebaik teman-teman, mudah-mudahan bisa masuk 20 atau 30 besar, lumayan daripada tidak sama sekali, itung-itung ikut berpartisipasi.

Sebenarnya sih tujuan dari postingan saya kali ini juga masih ada hubungannya dengan kompetisi membuat tulisan/ postingan dengan keyword Tarakan kota BAIS. Karena menurut beberapa pakar blogger, salah satu SEO ON PAGE adalah dengan membuat Trackback, yaitu mengaitkan satu postingan dengan yang lainnya. Katanya sih hal ini dapat memberikan pandangan positive di mata search engine. Mudah-mudahan lah, kan daun seray dau kedongdong (belum try belum tau donk). Kalau ada masukan atau komentar tentang kompetisi ini ataupun tulisan saya tentang Tarakan kota BAIS, monggoo… saya tunggu komentnya.
Bola Lover
  • Digg
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Google
  • StumbleUpon
  • Technorati
  • TwitThis

0 Comments:

Posting Komentar

 
Kontes SEO indositehost.com